oleh

Alasan Mulia Asisten Wasit Liga Champions Minta Tanda Tangan Erling Haaland

Profesionalisme hakim garis Octavian Sovre sempat dipertanyakan ketika meminta tanda tangan bintang asal Norwegia itu.

Asisten wasit Liga Champions, Octavian Sovre mengungkapkan alasan sebenarnya mengapa dirinya sampai mengejar striker Borussia Dortmund, Erling Haaland demi mendapatkan sebuah tanda tangan.

Aksi sang hakim garis itu dilakukannya saat Dortmund bermain lawan Manchester City dalam duel leg pertama perempat-final yang dimenangkan tuan rumah 2-1 di Etihad Stadium.

Sovre tampak meminta tanda tangan striker internasional Norwegia itu ketika berada di lorong stadion. Sikapnya itu memunculkan perdebatan di kalangan luas, banyak yang mempertanyakan profesionalismenya sebagai ofisial pertandingan.

Namun, ternyata yang dilakukan Sovre adalah bagian dari kampanye untuk mengumpulkan tanda tangan dari para bintang olahraga terkemuka untuk dilelang dalam acara amal di negara asalnya, Rumania, yang hasilnya disumbangkan kepada para penderita autisme.

Presiden Asosiasi SOS Autisme Bihor, Simona Zlibut mengatakan kepada Gazeta Sporturilor: “Tanda tangan itu untuk tujuan mulia.”

“Mungkin orang tidak tahu, tapi Tavi [Sovre] terlibat langsung dalam mendukung Asosiasi ini. Ia telah banyak membantu kami selama ini!”

Manajer Manchester City, Pep Guardiola, bahkan ikut mengomentari sikap tidak biasa dari asisten wasit yang meminta tanda tangan Haaland tersebut.

Manajer Manchester City, Pep Guardiola, bahkan ikut mengomentari sikap tidak biasa dari asisten wasit yang meminta tanda tangan Haaland tersebut sebelum terungkap alasan sebenarnya.

“Saya tidak melihatnya. Tapi, ada yang bilang kepada saya. Ya, mungkin dia salah satu fans Haaland. Jadi mengapa itu jadi masalah?” ucap Pep dalam sesi jumpa pers pasca-laga.

“Mungkin itu untuk putra atau putrinya. Ya, saya belum pernah melihatnya sebelumnya, tapi mereka melakukan pekerjaan dengan baik.”

News Feed